Slider

24 Februari 2010

Prosesi GSAM

Posted on 07.47 by herwin

Salam Pramuka!!!

APA SIH MANFAAT DIADAKAN GSAM BUAT GANAS?

Kalau dipikir-pikir, buat apa sih ngadain kegiatan macam gene. Nggak penting banget geto loh???? Bikin cape, panas, pegel, pusing????

Wah, apa panitianya berpikiran kaya gene?????

Ya tentu aja nggak, karena pasti ada udang di balik mirong. Eitssss, salah ada udang di balik batu. Maksudnya pasti ada tujuan tertentu, panitia bikin kegiatan yang levelnya gak medium high gini.

Alasan klasik ngadain kegiatan ini adalah buat Menuhin program kerja OSIS tahun 2009/2010. Ada juga yang bilang buat nerusin perjuangan kakak kelas. Atau supaya dibilang hebat. Wah, wah, bukan itu alasan utamanya tahu! Kalian tahu kan kalau GSAM adalah kegiatan High Medium Level ( Widih apa ya artinya). Maksudnya adalah kegiatan yang lingkupnya tidak hanya internal sekolah tapi luar sekolah dan mempertaruhkan nama baik sekolah. Begitu berat tantangan yang diberikan kegiatan ini, membuat kami (GANAS) ngadain kegiatan ini.

Wow, GSAM ini melatih kita untuk menjadi event organizer muda (young EO). Kta harus tahu gimana cara memenej suatu kegiatan dari awal sampai akhir, kaya

1. Pembentukan Panitia

2. Job Description Panitia

3. Rancangan Kegiatan

4. Administrasi

5. Keuangan

6. Sponsorship/ donator

7. Peserta dan teknikal meeting

8. Pelaksanaan Kegiatan

9. Laporan Kegiatan

Gile bener dah! Poin sih Cuma delapan, tetapi pelaksanaannya nggak semudah membuka telapak tangan neng! Sebagai siswa plus panitia kan harus bisa mengimbangi pelajaran dan GSAM. wafuwh, kalau dipikir gimana caranya? Itu tidak penting, karena tiap orang punya caranya sendiri-sendiri. Oleh karena itu , kegiatan ini benar-benar menguras pikiran untuk terus berpikir seimbang.

Masalah pembentukan panitia. Kita harus selektif merancang orang mana aja yang pas buat urusan tertentu, nggak boleh salah pilih orang. Apa lagi karena korupsi kolusi nepotisme. NO KKN, lah yaw!! Ketua Panitia udah mulai pusing di bagian ini. Kasihan! tetapi ini baru awal man.

Tiap coordinator kegiatan harus tahu kerjaan masing-masing, jangan sampai bingung mau ngapain. heheheh jangan sampai deh, kagok pas hari H. Setelah tahu, job description, langsung deh nglaksanain tugas masing-maing dikontrol oleh sang Ketua.

Ketua Panitia tentunya di awal sebelum pembentukan panitia, sudah mikir dunk kegiatan apa yang akan dilaksanakan. Nah di tahap ini ketua dan sie giat memperinci kegiatan supaya lebih tefokus dan detail. Kita harus memikirkan dan mematangkan kegiatan apa yang benar-benar akan diadakan. Kalau di GSAM, kta harus mematangkan lomba mana saja yang akan dilombakan.

Di sini peran secretariat sangat penting dalam administrasi, buat surat rekomendasi, proposal, pengajuan dana, de el el, lah! Sekretaris harus cekat ceket dan cepat cepit mengetik segala administrasi yang diperlukan, nggak ad akata nanto-nanti atau besok-besok.

Ohya, jangan lupa, keuangan juga penting banget. Kita butuh badget buat ngadain kegiatan. Bushit banget kalau nggak butuk dana, iya kan, iya dong! Tetapi jangan buat dana sebagai momok yang ditakuti dan bilang gini, “waduh nggak ada dana, nggak usah deh ngadain kegiatan, takutnya minus nantinya” Pemikiran pendek banget. Kalau kita usaha, pasti ada jalan. Yakinlah! Kita nggak akan kekurangan, kan masih ada alumni, (HAHAHAHAHHAH).

Ini dia, sponshorship. Dengan cara ini kita bias memangkas dana yang kita butuhin. Dengan adanya sponsorship, dapat membantu kita memenuhin hal-hal yang diperlukan dalam GSAM. Sponsorship bisa dari lembaga swasta maupun BPD. Donatur juga bias, dari alumni.

Peserta. Peserta adalah unsure terpenting dalam GSAM, coba bayangin ada GSAM tetapi nggak ada pesertanya. Nggak usah dibayangin deh kalau begitu. Panitia harus menyebarkan surat pemberitahuan ke sekolah-sekolah dan menghubungi mereka barangkali mereka berminat.

Jadi deh semuanya, tinggal kegiatan pas hari H. Uh, ini merupakan baru awal dari segalanya. Hal ini merupakan penentu dari segala yang telah disiapkan sebelumnya. Jaga fisik dan batin. Jaga kekompakan, jaga kebersamaan, dan harus tahu tugasnya masing-masing. itu poinnya. Ketua siap back up segalanya apabila ada hal yang tidak terduga terjadi.

Alhamdulillah, udah selesai, tinggal buat laporan deh. Memang kalau buat LPJ itu dah males banget sebtulnya, tetapi harus dilakuin sebagi bukti tertulis kalau ita benar-`benar ada dan telah terjadi. Jangan lupa buat ucapan terima kasih buat para sponsor ship.

Salam Pramuka!

No Response to "Prosesi GSAM"