Slider

24 Februari 2010

JUKNIS GSAM II

Posted on 07.44 by herwin

PETUNJUK TEKNIS KEGIATAN

GANAS SCOUT ACHIEVEMENT MEETING (GSAM) II

AMBALAN GAJAH MADA DAN NYI AGENG SERANG

GUDEP 08.109-08.110 SMA NEGERI 1 SLAWI

I. UMUM

Kegiatan Ganas Scout Achievement Meeting II Ambalan Gajah Mada dan Nyi Ageng Serang GUDEP 08.109-08.110 SMA 1 Slawi merupakan suatu alat pendidikan nonformal bagi para penggalang dalam wadah gerakan Pramuka untuk mengembangkan rasa tanggung jawab yang kami selenggarakan dalam bentuk giat prestasi.

II. PESERTA

1. Pramuka Penggalang yang berpangkalan di gugus depan SMP/MTs.

2. Peserta terdiri dari 2 regu (1 regu putra dan 1 regu putri) yang mana setiap regunya beranggotakan 12 orang.

3. Persyaratan Peserta :

a. Aktif di pangkalan gugus depan masing-masing

b. Minimal penggalang ramu

c. Sehat jasmani dan rohani

d. Membayar fee peserta sebesar Rp 75.000,00 sebagai pendukung kegiatan dan administrasi

4. Persyaratan Kontingen :

a. Membawa surat mandate dari pangkalan masing-masing

b. Mengumpulkan form pernyataan kesediaan mengikuti kegiatan

c. Mengumpulkan daftar nama kontingen

d. Membawa satu bendera reguyang dipasang pada tongkat pinru.

5. Fasilitas Peserta :

a. ID card

b. Piagam Penghargaan

c. TISKA

III. WAKTU DAN TEMPAT

1. Waktu

GANAS Scout Achievement Meeting II Ambalan Gajah Mada dan Nyi Ageng Serang GUDEP 08.109-08.110 SMA 1 Slawi diselenggarakan padaMInggu, 7 Maret 2010

2. Tempat

SMA N 1 Slawi

IV. PENDAFTARAN

1. Tahap I

Penyerahan kesediaan mengikuti kegiatan Ganas Scout Achievement Meeting II Ambalan Gajah Mada dan Nyi Ageng Serang SMA 1 Slawi selambat-lambatnya tanggal 28 Februari 2010 kepada sangga kerja / Pembina pramuka SMA 1 Slawi dari pukul 07.00 – 15.00 di kantor TU SMA 1 Slawi.

2. Tahap II

Menyerahkan berkas-berkas pendaftaran yang belum diserahkan pada pendaftaran pertama di lokasi kegiatan sekaligus pendaftaran ulang di lokasi kegiatan.

V. JENIS KEGIATAN PRESTASI

1. GLADHI TANGGUH

a. Peserta : 4 orang per regu

b. Materi : Sandi, Semaphore, Morse, Menaksir, Sejarah Kepramukaan, Pertolongan Pertama, Pengetahuan Umum dan Kepramukaan, Peta Pita, dan Peta Lapangan.

c. Waktu : 5 jam

d. Ketentuan Lomba :

1) Tim Gladhi Tangguh terdiri dari 4 orang per regu merupakan kesatuan yang utuh sehingga apabila terjadi perubahan jumlah maupun komposisi anggota akan mempengaruhi penilaian.

2) Peserta menggunakan pakaian olahraga saat kegiatan

3) Selama kegiatan , peserta dilarang menerima banuan dari pihak mana pun.

4) Peserta dilarang membawa handphone atau alat komunikasi lainnya.

5) Selama kegiatan peserta akan melewati beberapa pos.

6) Peserta mengerjakan soal di pos tersebut (tidak sambil berjalan) dan menyerahkan hasil pengerjaan di pos tersebut.

7) Peralatan yang dibawa :

Peralatan Pribadi :

a. Bekal Pribadi

b. Jas HUjan

c. Perlatan Solat

d. Obat Pribadi

Peralatan Kelompok :

a. Kompas

b. Alat Tulis dan HVS

c. Bendera Sempahore

d. Peluit

e. Papan Jalan

f. Pengatur waktu

g. Bidai dan Mitela

e. Aspek Penilaian :

1) Ketepatan Jawaban

2) Kekompakan

2. ASAH TERAMPIL

a. Materi : Pengetahuan Umum dan Pengetahuan Kepramukaan

b. Peserta : 3 orang per regu

c. Ketentuan Lomba :

1) Peserta mengenakan seragam pramuka lengkap selama mengikuti perlombaan

2) Peserta Asah Terampil tidak boleh diganti

3) Alat Tulis disediak peserta. Lembar soal dan Jawaban disediakan panitia

4) Asah Terampil terdiri dari 2 tahap :

1. Babak Penyisihan

v Babak Penyisihan berupa seleksi tertulis dengan jumlah soal 50 buah, yang terdiri dari 30 soal pengetahuan kepramukaan (5 soal berbhasa inggris ) dan 20 soal pengetahuan umum (5 soal berbahasa inggris).

v Peserta mengerjakan soal babak penyisihan secara individu. Nilai akhir regu adalah nilai rata-rata ketiga peserta.

v Peserta diberi waktu selama 1 jam untuk mengerjakan.

v Peringkat 5 besar putra dan 5 besar putrid berhak melanjutkan ke babak final.

v Apabila terdapat nilai yang sama yang mempengaruhi peringkat makan akan diadakan babak penyisihan tambahan dengan jumlah soal 10 buah.

2. Babak Final

v Peserta yang masuk ke babak final akan diberi pertanyaan dengan system langsung jawab.

v Macam pertanyaan dalam babak final adalah :

o 5 buah soal wajib, benar nilai 100, salah nilai 0

o 5 buah soal lemparan, benar nilai 100, salah nilai 0

o 10 buah soal rebutan, benar nilai 100, salah nilai -100

v Apabila terdapat nilai yang sama yang dapat mempengaruhi peringkat maka akan diberi soal tambahan sejumlah 1 buah.

d. Ketentuan Penilaian : Ketepatan Jawaban

3. PENYULUHAN BAHASA INGGRIS

a. Peserta : 1 orang per regu

b. Tema :

- Global warming

- Improve of RSBI School

- Scout in Indonesia

c. Ketentuan Lomba :

1) Peserta memilih salah satu tema dan membuat naskah materi tersebut.

2) Peserta membuat naskah materi yang akan disampaikan dan memberikan naskah ersebut pada saat perlombaan kepada panitia, yang nantinya peserta akan mendapatkan pertanyaan yang akan diajukan oleh salah satu juri.

3) Peserta memakai seragam pramuka lengkap

4) Peserta diperkenankan menggunakan peralatan praktik sendiri. Panitia hanya menyediakan alat bantu berupa alat ICT, seperti LCD, laptop, dan slide

5) Apabila tidak memenuhi panggilan selama 3 x panggilan beruturut-turut, maka peserta dinyataka didiskualifikasi.

d. Waktu : Lama penyuluhan minimal 5 menit, maksimal 7 menit. Lama Tanya jawab 5 menit.

e. Aspek Penilaian :

Content / Isi 40 %

Method/Cara 20%

Pronounciation 20%

Fluency 20%

4. PIONERING

a. Peserta : 3 orang per regu

b. Ketentuan Lomba :

1) Peserta membuat pioneering dengan bentuk dasar wajib kaki tiga

2) Peserta diberi waktu 1, 5 jam untuk membuat pioneering

3) Semua alat pembuatan pioneering dibawa sendiri oleh peserta

c. Aspek Penilaian :

Kerapian

Kekuatan

Fungsi

Ketepatan Simpul

5. POSTER

a. Peserta : 1 orang per regu

b. Tema :

- Pramuka

- Lingkungan Hidup

c. Ketentuan LOmba :

1) Peserta membuat poster yang bertemakan pramuka atau lingkungan hidup di kertas ukuran A3 yang telah disediakan panitia

2) Warna dalam poster tidak dibatasi

3) Pewarnaan boleh menggunakan spidol, crayon, atau pensil warna.

4) Semua peralatan gambar disediakan oleh peserta kecuali yangtelah disebutkan di atas.

5) Peserta yang telah selesai sebelum waktu yang telah ditentukan diperkenankan meninggalkan ruangan

d. Waktu : 3,5 jam

e. Aspek Penilaian :

Kerapian Gambar

Pewarnaan

Relevansi Tema

Pemaknaan

VI. JADWAL KEGIATAN

WAKTU

KEGIATAN

06.30 – 07.30

Daftar Ulang

07.30 – 08.00

Persiapan Upacara Pembukaan

08.00 – 08.30

Upacara Pembukaan

08.30 – 09.00

Persipan Lomba

09.00 – 15.00

Lomba-Lomba

15.00 – 16.00

Hiburan

16.00 – 16.30

Persiapan Upacara Penutupan

16.30 – 17.30

Upacara Pentupan dan Pengumuman Kejuaraan

VII. PENGHARGAAN

1. Setiappeserta akan mendapatkan piagam penghargaan dan Tanda Ikut Serta Kegiatan (TISKA)

2. Setiap regu tergiat 1, 2, dna 3 pada masing-masing lomba akan mendapat penghargaan berupa trophy tetap

3. Juara Umum ditentukan dari akumulasi jumlah trophy yang diperoleh oleh kontingan dan akan mendapat penghargaan berupa piala bergilir.

VIII. TEMU TEKNIK

hari, tanggal : Minggu, 21 Februari 2010

waktu : 08.00 s.d. selesai

tempat : SMA 1 Slawi

pakaian : seragam pramuka

informasi : Nenny Dwi Agustini (Pembina ) : 08156084453

Fuad Hari (Sangga Kerja) : 085642828283

Riska D A (Sangga Kerja) :08156621549

No Response to "JUKNIS GSAM II"