Slider

31 Maret 2009

PERINGATAN HUT...

Posted on 02.39 by herwin

PERINGATAN HARI

ULANG TAHUN PRAMUKA KE-47

TAHUN 2008

SEJARAH GERAKAN PRAMUKA INDONESIA

Praja Muda Karana yang biasa disingkat dengan kata Pramuka, merupakan organisasi di luar pendidikan formal yang didirikan pada tanggal 14 Agustus 1961. Usaha pendidikan gerakan Pramuka merupakan salah satu segi pendidikan yang penting, yang merupakan bagian sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Sejarah Gerkan Pramuka, yaitu dengan maksud:

1. Agar mengetahui proses pembentukan dan perkembangan Gerakan Pramuka dan mengaetahui pula peranan apa yang dilakukannya dalam perjuangan bangsa.

2. Agar mengetahui dan mengibsyafi kedudukan Gerakan Pramuka dalam hubungannya dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

3. Agar dapat mengilhami kebijaksanaan dalam penyelenggaraan usaha pendidikan kepramukaan di Indonesia.

SEJARAH SINGKAT

Tahun 1908 Mayor Jenderal Baden Powell dari Inggris melancarkan sebuah gagasan tentang pendidikan di luar sekolah untuk anak-anak Inggris, dengan tujuan supaya mereka menjdai manusia Inggris, warga negara Inggris yang baik, sesuai dengan keadaan dan kebutuhan kerajaan Inggris Raya ketika itu. Untuk itu, beliau mengarang sebuah buku yang sangan terkenal, yaitu SCOUTING FOR BOYS.Gagasan Baden Powell itu jitu, cemerkang dan sangat menarik sehingga dilaksanakan juga di negara-negara lain. Di antaranya di Nederland (Belanda).

Oleh orang Belanda kemudian gagasan itu dan dilkasanakan juga di daerah jajahannya di Indonesia ( Nederland Ost Indies). Didirikanlah oleh orang Belanda di Indonesia organisasi yang bernama NIPV ( Nederland Indische Padvinder Vereeniging ).

Pemimpin-pemimpin pergerakan nasional pada waktiu itu mengoper gagasan Baden Pi\owell tersebut, dan dibentuklah sebuah organisasi-organisasi Kepanduan. Yang bertujuan membentuk manusia Indonesia yang baik. Pada waktu itu ialah Kader Pergerakan Nasional. Organisasi kepanduan tersebut seperti JPO, JJP, HW, NATIPIJ, SIAP, dan sebagainya.

Sumpah Pemuda yang dicetuskan oleh Kongres Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, benar-benar menjiwai gerakan kepanduan nasioanlIndonesia untuk bergerak lebih maju. K.H. Agus Salim menggunakan istilah PANDU dan KEPANDUAN untuk mengganti istilah PADVINDER dan PADVINDERIJ.

Dengan meningkatnya kesadaran kebangsaan Indonesia, maka timbullah niat untuk mengeratkan persatuan antar organisasi-organisasi kepanduan di Indonesia. Niat ini menjadi kenyataan dan terlaksana pada tahun 1930 dengan INPO, PK, dan PPS melebur menjadi satu organisasu menjdai satu organisasi, yaitu KBI. Kemudian terbentUKLh suatu federasi yang dinamakan Persatuan Antar Pandu-Pandu Indonesia (PAPI) yang kemudian diubah menjadi Pusat Pewrsaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI). Setelah itu terjadi perang Dunia II. Sehingga organisasi-organisasi kepnduan ini dilarang.

Kemudian setelah sekian lama mengalami hambtan-hambatan akbiat penjajahan dan perang di Indonesia maupun dunia. Akhirnya pada tanggal 14 Agustus diresmikan oleh presiden Soeharto.

PERINGATAN HUT PRAMUKA DI SMA NEGERI 1 SLAWI.

Hari pramuka, pada tanggal 14 Agustus 2008, sekolah kami menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka Ke-47 di lapangan sekolah kami. Sekitar pukul 07.00, kami melaksankan upacara tersebut dengan penuh hikmah. Peserta dan upacara sebagai generasi muda Indonesia berharap melalui upacar ini dapat meningkatkan rasa solidaritas antar bangsa, tanpa melihat adanya perbedaan pendapat yang kadang kal muncul dalam organisasi.

Pada saat yang bersamaan teman-teman kami sedang berjuang di Karanggeneng, Ungaran , Semarang di Bumi Perkemahan Lemdikada. Mereka mengkitu lomba Gladhi Widya Cakara Adi Birawa (ikutim infonya detailnya di event gamanas). pada saat itu pula, teman-teman kami menjdai pasukan pengibar bendera di Pendopo Kabupaten Tegal dalam kegiatan upacara peringatan HUT Pramuka pula. pasukan ini diberinama Pasukan Tunas Muda. selamat melaksanakan tugas dengan,kawan-kawan! selamat berjuang !

Kemudian kami lanjutkan pada pukul 14.00 pada tanggal 15 Agustus 2008, kami melaksnakan tasyakuran HUT Pramuka. Tasyakuran ini diikuti pembina pramuka, purnabakti, anggota gerakan pramuka kelas X, XI, dan XII. Hal yang paling ditunggu adalah pemotongan tumpeng oleh Kepala Sekolah diwakili oleh pembina pramuka kami, Kak Agus Suyitno. Semoga dengan adanya acara seperti ini dapat mepererat tali silahturahmi antar anggota amblan Gajah Mada dan Nyi Ageng Serang.

INDONESIA THE BEST ! THE BEST INDONESIA !

ONE FOR ALL, ALL FOR ONE.............................

No Response to "PERINGATAN HUT..."